Mumi Tertua dan Terlengkap Ditemukan, Usianya 4.300 Tahun dan Dilapisi Emas

– Arkeolog di Mesir menemukan sesosok mumi yang diyakini tertua dan terlengkap saat menggali di lokasi yang terletak sekitar 24 kilometer dari Ibu Kota Kairo. Direktur tim arkeolog menyampaikan pengumuman penting itu Kamis lalu.

Direktur tim arkeologi Zahi Hawass dalam pernyataannya mengatakan, mumi yang diyakini bernama "Hekashepes" itu ditemukan di dasar sebuah lubang dengan kedalaman sekitar 15 meter di dekat Piramida Step di Saqqara. Tim arkeologi tengah menggali sebuah makam dari dinasti ke-5 dan ke-6 dari masa abad ke-25 sebelum Masehi. Mumi itu tersimpan di dalam lubang tanpa pernah tersentuh selama 4.300 tahun.

Sarkofagus besar berbentuk persegi panjang dari batu kapur itu masih tertutup campuran plester adukan semen orang Mesir Kuno selama lebih 40 abad.

"Saya memasukkan kepala untuk melihat apa yang ada di dalam sarkofagus itu: sesosok mumi pria yang indah, lengkap tertutup dengan lapisan emas," kata Hawass, mantan menteri kepurbakalaan Mesir seraya menyebut mumi itu bisa jadi yang tertua dan paling engkap yang pernah ditemukan di Mesir hingga kini, seperti dilansir laman the New York Post.

Penemuan Hekashepes ini adalah yang paling menakjubkan selama penggalian di Gisr al-Mudir, salah satu lokasi bebatuan tertua di Mesir.

Puluhan benda arkeologi juga ditemukan di lokasi penggalian itu. Salah satu makam yang ditemukan adalah sosok seorang pendeta dari dinasti ke-5 bernama Khnumdjedef. Makam lain adalah seorang pejabat istana bernama Meri. Dia mempunyai jabatan sebagai "sang penjaga rahasia" yang membuat dia berhak melakukan ritual keagamaan khusus. Dia juga memiliki makam terbesar kedua di kawasan penggalian itu.

Di kompleks piramida Raja Pepi I, firaun yang berkuasa pada abad ke-24 sampai abad ke-23 sebelum Masehi, arkeolog menemukan makam seorang pendeta yang kemungkinan bernama Messi, dari sebuah pintu yang ditemukan di dekat sembilan patung orang Mesir kuno.

Sosok mumi terakhir yang ditemukan di dalam sebuah sarkofagus di samping meja persembahan dan sekumpulan patung batu bernama Fetek, kata Hawass.

Gulungan Papirus Mesir Kuno Sepanjang 16 Meter Ungkap Pesan untuk Orang Mati
"Selain itu penggalian ini juga menemukan banyak jimat, bejana batu, peralatan sehari-hari dan patung para dewa dan barang tanah liat," kata Hawass.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *