Wagubri Ikuti Rakorsus Antisipasi Penanganan Karhutla 2023

JAKARTA, – Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengikuti rapat koordinasi khusus (Rakorsus) pembahasan antisipasi dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2023, berlangsung di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian LHK Jakarta, Jumat (20/1/23). 

Dalam pertemuan tersebut, Wagubri didampingi oleh Wakapolda Riau Brigjen Pol Kasihan Rahmadi dan Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung. 

Pada kesempatan itu, Wagubri bersama Wakapolda dan Danrem 031 Wirabima juga diberikan kesempatan untuk memberikan paparan terkait kondisi dan pencegahan Karhutla tahun 2023.

Wagubri melaporkan, sepanjang tahun 2023 sampai hari ini tidak ada kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, meskipun terpantau ada 7 titik hotspot dari tanggal 1 Januari 2023 sampai dengan 19 Januari 2023.

Ia menyebutkan, adapun 7 titik hotspot tersebut tersebar di beberapa kabupaten kota diantaranya, di Kabupaten Kampar 1 titik, Kabupaten Indragiri Hilir 3 titik, Kabupaten Siak 2 dan Kota Dumai 1 hotspot. 

"Sampai saat ini (sepanjang 2023) belum ada terjadi Karhutla (di Riau), walaupun terpantau ada 7 hotspot, " ucapnya. 

Merespon pernyataan Wagubri tersebut, Menkopolhukam mengharapkan Potensi Karhutla tahun 2023 agar di perkecil, dan ia mengharapkan pemerintah daerah dalam mengantisipasi Karhutla tahun 2023 ini. 

"Potensi Karhutla agar diperkecil, " tutupnya. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri LHK Siti Nurbaya, Kepala BNPB Suharyanto, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala BRIN Tri Handoko, Wakapolri Komjen Edy Gatot Pramono dan Kepala BRGM Hartono.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *