Jelang Imlek, Hujan Masih Berpotensi Mengguyur Riau

PEKANBARU, – Hujan berpotensi mengguyur di sejumlah wilayah Riau jelang perayaan libur tahun baru Imlek 2574 Kongzili. Perayaan Imlek  jatuh pada Minggu (22/1/2023). Sementara, pemerintah menetapkan cuti bersama tahun baru Imlek pada Senin (23/1/2023).

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur wilayah setempat. 

Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna, Jumat (20/1/2023). 

Dikatakan dia, bahwa pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar dan juga Rokan Hilir.

Kemudian, pada siang hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan. Lalu, sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Riau.

Dini hari, ungkap Yasir, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, dan juga Kota Dumai. 

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucapnya. 

Potensi tersebut, kata dia, dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Bengkalis, Siak, Rokan Hulu dan Indragiri Hilir pada sore, malam dan dini hari. 

Lebih lanjut dikatakan, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan Udara 60 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 40 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya. 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *