Buka Festival Lampion, Bupati Meranti : 'Biarkan' Warga Tionghoa Pulang Kampung

MERANTI, – Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti,Riau H. Muhammad Adil, SH, MM meminta warga tionghoa Kepulauan Meranti mengajak keluarga dan mengundang tamu dari luar daerah dan luar negeri untuk merayakan Imlek 2574/2023 di Kepulauan Meranti.

Hal itu disampaikannya saat meresmikan Gapura dan Festival Lampu Lampion di Jalan Ahmad Yani Selatpanjang, Sabtu (31/12/2022).

"Ayo ajak keluarga dan warga tionghoa di luar daerah hingga luar negeri untuk pulang kampung merayakan Imlek di Kepulauan Meranti," kata Bupati.

Dia menjamin perayaan Imlek tahun ini berjalan aman serta mengharapkan berlangsung ramai dan meriah. Sehingga memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat di Kepulauan Meranti.

"Pemerintah kabupaten bersama Polres dan Koramil siap memberikan rasa aman bagi masyarakat, terutama warga tionghoa dalam merayakan Imlek," tegasnya.

Pemkab Meranti juga akan memberikan izin pelaksanaan Cian Cui atau perang air yang menjadi tradisi masyarakat Tionghoa Selatpanjang saat perayaan Imlek. Untuk tahun 2023 ini, izin waktu perang air akan ditambah yakni dari pukul 15.30 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

"Tapi saya minta tetap hormati warga lain, jaga keamanan dan kebersihan," ujar Bupati.

Kemudian, untuk semakin memeriahkan pelaksanaan Imlek juga, Bupati meminta panitia menyiapkan pertandingan lampu lampion. Dia berharap di sepanjang jalan-jalan protokol Kota Selatpanjang dipasang lampion.

"Pemkab menyiapkan hadiah uang tunai Rp15 juta bagi pemenang. Jadi sama seperti menyambut Idul Fitri, ada festival lampu colok. Saya tidak membeda-bedakan. Karena kita semua warga Indonesia," sebutnya.

Bupati Adil juga mengajak seluruh stake holder dan lapisan masyarakat di Kepulauan Meranti untuk menjaga situasi Kamtibmas dalam menyambut tahun baru serta perayaan Imlek. 

"Mari bersama kita jaga Kamtibmas di Kepulauan Meranti agar tamu nyaman berada di sini dan para pengusaha mau berinvestasi," harap Bupati Adil.

Sementara itu Tjuan An yang merupakan Koordinator dari kegiatan Festival Lampion ini menyampaikan kalau Lampu Lampion ini
mengucapkan terima kasih kepada panitia Festival lampion yang sudah bekerja keras terus menerus sehingga menyelesaikan pembuatan lampion dan Bazar ini sehingga terlaksana dengan baik.

Selain itu  Cuan An yang juga pengurus yayasan dari Yayasan Sosial Vihara Sejahtera Sakti dan Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah dan instansi-instansi terkait, dan Pihak Kepolisian Polres Meranti sebagi pihak Keamanan serta seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung Festival lampion serta bazar ini.

"Kami juga mengucapkan terima kasih para sponsor-sponsor sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, kami berharap semoga tahun depan para sponsor-sponsor tetap mendukung pelaksanaan kegiatan ini," ungkapnya.

Dengan adanya Festival lampion dan Bazar ini bisa menjadi Motivasi sebagai Tempat kunjungan Wisatawan, dan Anak-anak daerah yang merantau keluar kota, sehingga kota kita Selatpanjang menjadi ramai dan lebih meriah pada perayaan Imlek akan jatuh pada tanggal 22 Januari 2023 ( Tahun Kelinci)

"Tujuan pertama kita ingin meningkatkan Perekonomian masyarakat, dan saudara kami di luar daerah ajak rekan-rekan disana untuk datang Ke Meranti," ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul, Kajari Kepulauan Meranti Waluyo SH, MH, Danramil Tebingtinggi Kapten Arh. Isnanu dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Meranti. Hadir juga Ketua Yayasan Sosial Umat Beragama Budha, Ketua PSMTI dan para tokoh masyarakat Tionghoa Kepulauan Meranti. 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *